Doa Bacaan Niat Tata Cara Sholat Dhuha Lengkap Latin Dan Arab

Sholat dhuha adalah merupakan ibadah sunnah yang memiliki fadhilah yang sangat luar biasa, sehingga banyak orang yang sangat kepincut dengan hikmah yang terkandung didalamnya namun tidak kalah banyak juga orang-orang yang merasa malas untuk mengerjakannya. Memang benar apa yang dikatakan oleh para ulama bahwa setiap amal yang akan memberikan kebahagiaan di akhirat pasti akan dihiasi dengan rasa malas untuk mengerjakannya, itu semua adalah merupakan godaan yang harus kita hadapi dan harus kita lalui.

Karena apabila kita mampu lulus dari godaan besar tersebut pasti kita akan mendapatkan hikmah yang sangat luar biasa dan akan ditinggikan derajat oleh allah ta'aalaa. Maka dari itu lawan semua rasa malas yang menghadang karena itu semua hanyalah tipu daya syetan, tanamkanlah keyakinan didalam hati bahwa dengan melaksanakan sholat sunnah dhuha dan membaca doa sholat dhuha kehidupan kita akan dibarengi dengan keberkahan dan dipenuhi dengan kebahagiaan.

Dalam satu hadis dikatakan bahwa sholat dhuha itu adalah merupakan salah satu dari sholatnya orang-orang yang taat kepada allah swt dan rosulnya, oleh sebab itu mulai dari sekarang rajin-rajinlah melaksanakan sholat dhuha agar kita senantiasa termasuk kedalam golongn orang yang taat, karena allah swt telah menyediakan tempat yang indah untuk orang-orang yang taat kepadanya.

Niat Sholat Dhuha Waktu Doa Latin Mustajab Lengkap Sholat Dhuha Berapa Rakaat

Keutamaan Sholat Dhuha

1. Bagi orang-orang yang senantiasa melaksanakan sholat dhuha sebanyak dua rakaat itu berarti pahalanya sama dengan kebaikan dari 360 sedekah.
2. Bagi orang yang ingin hidupnya dicukupkan dari segala kebutuhan maka lakukanlah sholat dhuha sebanyak empat rakaat, maka niscaya allah akan mecukupkan segala kebutuhan hidupnya.
3. Apabila seseorang mampu melaksanakan berjamaah sholat shubuh dan setelahnya berdiam diri dimesjid sambil berdzikir atau membaca al-qur'an dan ketika datang waktu sholat dhuha ia menunaikannya, maka allah akan memberikan pahala untuknya sama dengan pahalanya ibadah umroh.

Niat Sholat Dhuha

Para ulama mengatakan bahwa amal ibadah seorang hamba tidak akan diterima apabila tidak diawali dengan niat, oleh sebab itu alangkah pentingnya bagi kita untuk senantiasa mengetahui bacaan niat ibadah yang akan kita kerjakan supaya ibadah kita diterima dan doa kita dikabulkan oleh allah swt.

أُصَلِّى سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنَ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli Sunnatadh Dhuhaa Rok’ataini Mustaqbilal Qiblati Adaa’an Lillaahi Ta’aalaa

Artinya: “Aku niat sholat sunnah dhuha dua rakaat menghadap kiblat saat ini karena Allah Ta’ala”

Doa Sholat Dhuha

Tidak lengkap rasanya jikalau setelah melaksanakan sholat dhuha kita tidak membaca doa setelahnya, karena orang-orang yang senantiasa melaksanakan sholat dhuha dan membaca doa dhuha setelahnya alah akan memudahkan baginya dalam urusan mencari rezeki. Maka dari itu jika kamu telah selesai melaksanakan sholat dhuha baca doa berikut ini sambil dibarengi hati yang khusu dan tawadlu.

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقَى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Alloohumma Inna Dhuhaa'a Dhuhaa'uka, Wal Bahaa'a Bahaa'uka, Wal Jamaala Jamaaluka, Wal Quwwata Quwwatuka, Wal Qudrota Qudrotuka Wal Ishmata Ishmatuka. Alloohumma Inkaana Rizqii Fis samaa'i Fa Anzilhu, Wa Inkaana Fil Ardhi Fa-akhrijhu, Wa Inkaana Mu’assiron Fayassirhu, Wa Inkaana Harooman Fathohhirhu, Wa Inkaana Ba’iidan Faqorribhu Bihaqqi Dhuhaa'ika Wa Bahaa'ika Wa Wamaalika Wa Quwwatika Wa Qudrotika Aatinii Maa aataita Ibaadakash Shoolihiin

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih”.

Sekian dulu yang dapat saya samapaikan pada artikel kali ini dan semoga saja pembahasan tentang niat dan doa sholat dhuha ini bisa menjadi pendorong semangat kita semua untuk menjalankannya.