Lafadz Niat Sholat Sunnah Tarawih Dan Witir Berjamaah Sendiri 4 Rakaat Dan Doanya

Lafadz Niat Sholat Sunnah Tarawih Dan Witir Berjamaah Sendiri 4 Rakaat Dan Doanya - Solat tarawih adalah sholat sunnah yang dilaksanakan pada bulan suci ramadhan, yaitu mulai dari tanggal satu sampai dengan malam terakhir dari bulan ramadhan itu. Sholat tarwih memang suka terasa special sekali pada awal-awal bulan ramadhan, namun suka terasa membosankan jika sudah mulai memasuki pertenganhan bulan suci ramadhan. Itu semua dikarenakan pahala yang akan diberikan oleh allah kepada orang-orang yang senantiasa mengerjakannya semakin besar sehingga godaannya pun juga semakin terasa berat.

Dan yang membuat sholat tarawih ini terasa amat special pada awal-awal bulan ramadhan adalah karena datangnya hanya satu tahun sekali, sehingga membuat orang-orang merasa kangen dengan suasana sholat tarawih ini, Karena tidak sedikit orang-orang yang mempunyai kenangan indah dan manis pada saat hendak melaksanakannya. Misalkan kalau anak-anak sering janjian dulu dengan teman-teman seumurannya, mau sholat tarwih dimana? sudah hafal belum bacaan doa sholat tarawih? Atau saling mengingatkan dan mengajak pergi bersama untuk melaksanakan sholat sunnah tarwih bareng.

Namun biasanya tempat yang paling diminati oleh kaula muda adalah masjid yang pelaksaan sholat tarwihnya cepat, tapi sebenarnya bukan hanya kaula muda saja yang menginginkan sholat sunnah tarawih ini dilaksanakan dengan tempo yang tinggi, karena banyak juga dari kalangan orang tua yang juga menyukainya. Karena mereka berfikir jika sholat sunnah tarawih ini dilakukan dengan waktu yang singkat pasti tidak akan bikin jenuh dan juga tidak akan menguras waktu yang mungkin saja banyak orang yang harus bekerja bersamaan dengan waktu tarawih.

Lafadz Niat Sholat Sunnah Tarawih Dan Witir Berjamaah Sendiri 4 Rakaat Dan Doanya

Bahkan demi mengejar waktu, banyak orang yang melaksanakan sholat tarwihnya tidak sempurna karena dalam pelaksanaannya terlalu cepat, sehingga mereka tidak dapat memenuhi semua rukun dan syarat-syarat sholat. Padahal telah kita ketahui bersama bahwa dalam melaksanakan sholat itu ada rukun tuma’ninah dan itu tidak boleh ditinggalkan, jika dalam melaksanakan sholat baik itu sholat fardhu ataupun sunnah jika meninggalkan tuma’ninah maka sholatnya tidak sah menurut hukum ilmu fiqih.

Selain dari tuma’ninah dalam tata cara melaksanakan sholat sunnah tarawih ini juga tidak boleh meninggalkan niat, karena niat ini juga merupakan salah satu rukun dan tidak boleh kita lewatkan. Bahkan semua ulama ahli fiqih sudah sepakat bahwa bagi siapa saja yang mengerjakan sholat baik wajib ataupun sunnah jika meninggalkan niat, maka sholatnya tidak sah. Oleh sebab itu disini saya akan menuliskan bacaan lapadz niat sholat sunnah tarawih dan juga bacaan niat sholat sunnah witir.

Niat Shalat Tarawih Sebagai Ma'mum

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA TAROWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAHI TA'AALAA

ARTINYA: SAYA NIAT SHOLAT SUNNAH TARAWIH DUA RAKA'AT MENGHADAP QIBLAT SEBAGAI MAKMUM KARENA ALLAH TA'AALAA

Niat Sholat Tarawih Sendirian

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

USHHOLLI SUNNATA TAROWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAHI TA'AALAA

ARTINYA: SAYA NIAT SHOLAT SUNNAH TARAWIH DUA RAKA'AT MENGHADAP QIBLAT KARENA ALLAH TA'AALAA

Niat Sholat Sunnah Tarawih Sebagai Imam

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATA TAROWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAHI TA'AALAA

ARTINYA: SAYA NIAT SHOLAT SUNNAH TARAWIH DUA RAKA'AT MENGHADAP QIBLAT SEBAGAI IMAM KARENA ALLAH TA'AALAA

Selain dari mengetahui niat sholat sunnah tarwih kita juga perlu mengetahui bacaan niat sholat sunnah witir, karena setelah selesai melaksanakan sholat sunnah tarawih itu sudah biasa dilanjutkan dengan mengerjakan sholat sunnah witir, dan dibawah ini adalah lafadz bacaan niat sholat sunnah witir.

Niat Sholat Sunnah Witir 2 Rakaat Sebagai Ma'mum

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATAL WITRI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA'AN MA'MUUMAN LILLAHI TA'AALAA

ARTINYA: SAYA NIAT SHOLAT SUNNAH WITIR DUA RAKAAT MENGHADAP KIBLAT SEBAGAI MA'MUM KARENA ALLAH TA'AALAA

Niat Sholat Witir 1 Rakaat

اُصَلِّى سُنًّةَ الْوِتْرِرَكْعَةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLI SUNNATAL WITRI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA'AN MA'MUUMAN LILLAHI TA'AALAA

ARTINYA: SAYA NIAT SHOLAT SUNNAH WITIR SATU RAKAAT MENGHADAP KIBLAT SEBAGAI MA'MUM KARENA ALLAH TA'AALAA

Itulah bacaan-bacaan niat sholat tarawih dan witir yang harus kita hapalkan sebelum kita sampai pada bulan suci ramadhan, karena jika sudah sampai pada bulan suci ramadhan, sudah bukan waktunya lagi untuk menghafalkannya, tapi itu adalah saatnya untuk mengamalkannya.