Teks Khutbah Jumat Singkat Bulan Rajab 2020 Tentang Sholat Lima Waktu Tiangnya Agama

Teks Khutbah Jumat Singkat Bulan Rajab 2020 Tentang Sholat Lima Waktu Tiangnya Agama - Khutbah adalah serupakan sala satu dari rukun jumat, orang yang melakukan khutbah jumat disebut dengan khotib. Kata khotib itu diambil dari bahasa arab yang segatnya adalah isim faa'il yaitu dari kata khootibun yang artinya adalah orang yang melakukan khutbah. Khutbah jumat itu dilakukan sebelum melaksanakan sholat jumat, selain itu khutbah jumat juga dilakukan sebanyak dua kali yaitu ada yang disebut khutbah pertama dan juga khutbah kedua, dan diantara khutbah yang pertama dan kedua itu di pisah dengan duduk sejenak yang lamanya sama seperti tuma'ninah dalam sholat.

Khutbah jumat ini harus terdengar oleh semua jamaah jumat yang hadir, jadi seorang khotib itu harus orang yang lancar dalam berbicara (tidak dagu). Adapun untuk orang-orang yang hadir atau yang biasa disebut dengan jamaah jumat diharuskan mendengarkan serta menyimak semua kata-kata dan juga fatwa-fatwa yang dibacakan oleh sang khotib, karena itu adalah merupakan suatu kewajiban bagi semua jamaah jumat, selain itu dengan cara kita mendengarkan semua hal yang disampaikan oleh khotib, kita pastinya akan mendapatkan ilmu, karena dari sala satu rukun khutbah itu ada yang dinamakan wasiat taqwa.

Namun sayangnya masih banyak orang orang yang lebih senang berbicara dengan orang-orang yang berada disekitarnya pada saat seorang khotib sedang membacakan bacaan khutbah, padahal perbuatan seperti itu adalah perbuatan yang termasuk membuat pelakunya akan mendapatkan dosa. Dan perlu kita ketahui bahwa ketika khotib sedang membacakan khutbah lalu kita diam (tidak berbicara) maka diam yang kita lakukan itu akan dicatat oleh malaikat sebagai amal kebaikan. Karena diam pada saat khotib sedang membacakan khutbah itu termasuk kedalam amal ibadah.

Khutbah Jumat Singkat Bulan Rajab 2019 Tentang Sholat Lima Waktu Tiangnya Agama

Khutbah Ke Satu

الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ خَلَقَ الْإِنْسَانَ فِي أَحْسَنِ تَقْوِيْمٍ، وَفَضَّلَهُ عَلَى كَثِيْرٍ مِمَّنْ خَلَقَ بِالْإِنْعَامِ وَالتَّكْرِيْمِ، فَإِنِ اسْتَقَامَ عَلى طَاعَةِ اللهِ اسْتَمَرَّ لَهُ هذَا التَّفْضِيْلُ فِي جَنَّاتِ النَّعِيْمِ، وَإِلاَّ رُدَّ فِي الْهَوَانِ وَالْعَذَابِ الْأَلِيْمِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَهُوَ الْخَلاَّقُ الْعَلِيْمِ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ شَهِدَ لَهُ رَبُّهُ بِقَوْلِهِ: {وَإِنَّكَ لَعَلى خُلُقٍ عَظِيْمِ} صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الَّذِيْنَ سَارُوْا عَلَى النَّهْجِ القَوِيْمِ وَالصِّرَاطِ المُسْتَقِيْمِ، وَسَلَّمَ تَسْلِيْماً كَثِيْرًا، أَمَّ بَعْدُ:
أَيُّهَا النَّاسُ، اتَّقُوْا اللهَ تَعَالىَ وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ سُبْحَانَهُ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ، وَإِنَّمَا يَنْظُرُ إِلَى قُلُوْبِكُمْ وَأَعْمَالِكُمْ

Puji dan syukur kita panjatkan kepada allah swt.. sholawat besrta salam semoga selamanya terlimpah curahkan kepada baginda alam yakni habibana wanabiyana wanabiyana Muhammad saw. Kepada keluarganya sohabatnya tabiin dan tabiatnya serta semoga sampai kepada kita semua selaku umatnya, aamiin yaa allah yaa robbal aalamiin. Tiada lain dan tiada bukan yang paling pertama akan saya wasiatkan kepada para jamaah sekalian, selain dari pada saya akan mengajak kepada anda sekalian marilah kita bersama-sama bertaqwa kepada allah swt, supaya kita semua senantiasa mendapatkan rahmat dan ampunan darinya.

Hadirin siding jumat rohima kumulloh…
Sebagaiman telah kita ketahui bersama, kewajiban kita selaku manusia selama kita masih hidup di dunia ini, kita harus selalu senantiasa beribadah kepada allah swt. Dan yang disebut ibadah itu bukan hanya shalat, bukan hanya puasa, bukan hanya menunaikan ibadah haji saja, tapi yang termasuk ibadah itu sangat banyak sekali bentuk jenisnya. Akan tetapi dari sekian banyaknya jenis ibadah yang ibadah yang harus kita lakukan, ibadah sholat lah yang paling utama, malahan sholat itu dikatakan merupakan pimpinan dari macam-macam ibadah yang ahrus kita kerjakan. Dan sempurnanya ibadah itu tiada lain selain dari pada harus kuatnya keyakinan, benar ilmunya, dan ikhlas amalnya.

Hadirin rohimakumulloh…..
Perhatikan sholat….! Sholat itu adalah merupakan amal yang menghubungkan, mengaitkan, atau merapatkan seorang hamba kepada allah ta’aalaa. Sholat itu mendekatkan diri kepada allah swt yang sangat besar sekali pahalanya, selain itu sholat juga dapat menaikan derajat seorang manusia dan juga bisa mengurangi dosa-dosa yang telah dilakukan. Malahan sholat itu bisa membedakan antara umat islam dan yang bukan beragama islam, bisa membedakan antara yang taat kepada allah dan yang ingkar kepadanya. Orang yang memiliki keimanan pasti akan selalu mengerakan sholat meskipun sedang dalam keadaan yang sangat sulit.

Hadirin rohimakumulloh…..
Di dalam kitab suci al quran dijelaskan bahwa ibadah sholat itu membersihkan jiwa dari segala penyakit yang ada di dalam hati manusia. Dan dikatakan oleh nabi Muhammad saw bahwa orang yang melaksanakan sholat lima waktu itu di ibaratkan orang yang mempunyai mata air di depan rumahnya kemudian dia mandi setiap hari dan dalam sehari dia mandi sebanyak lima kali, maka pasti lambat laun badannya akan sangat bersih dan bahkan semakin bersih. Oleh sebab itu jika seseorang sering melaksanakan sholat lima waktu maka insya allah hatinya akan bersih dari berbagai penyakit yang akan membawa diri kedalam jurang kemungkaran.

Itu juga apabila melakukan sholatnya dengan benar, jadi apabila serang manusia suka melaksanakan sholat, akan tetapi disamping itu dia juga masih suka berbohong, suka berbuat hasud, pelit, dan masih suka memakan riba, suka bermusuhan, suka ingkar janji, suka su’udzon, dan suka memutuskan tali silaturrahmi, atau masih memiliki penyakit hati yang lainnya, itu adalah sebuah pertanda bahwa sholat yang sering ia kerjakan masih belum benar. Belum memenuhi segala hal yang mesti kita penuhi di dalam sholat. Oleh sebab itu perlu kita semua memperhatikan terhadap urusan sholat, terutama dalam hal ilmu-ilmunya. Sebab ibadah yang paling penting itu adalah sholat.

Hadirin ahli umat rohimakumulloh….

Apabila kita hayati dengan seksama, sholat lima waktu itu memberikan pelajaran dan mendidik manusia supaya bisa saling menyayangi, supaya menjadi orang baik, supaya menjadi dermawan, saling tolong menolong, serta memiliki sifat terpuji dan berbudi pekerti luhur.
Hadirin rohima kumulloh…
Semoga kita tidak lupa pada firman allah di dalan suroh ar-ra’du ayat 28.

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

Dengan tntramnya hati dan fikiran, dapat membuat fokus terhadap apa yang kita maksud,oleh sebab it teruslah berusaha dan memohon kepada allah untuk mendapatkan keridhoan darinya. Oleh sebab itu marilah kita periksa sholat kita masing-masing, kita perbaiki sholat kita semua. Apabila merasa belum sempurna dalam khusu’nya, maka segera cari solusi supaya bisa khusu’, apabila belum tahu semua ilmunya, maka segeralah belajar lagi jangan terhalangi karena usia yang telah tua. Rosululloh saw pernah bersabda yang maksudnya seperti demikian: “ KALIAN JANGAN KELUAR DARI DUA GOLONGAN MANUSIA, YAITU HARUS SANGGUP MENJADI PENGAJAR ATAU MENJADI PELAJAR”. Dan jangan jadi golongan yang ke tiga yaitu mengajar tak mampu diajari tak mau.

Hadirin kaum muslimin rohimakumulloh….
Meskipun kita sedang dalam keadaan sesibuk apapun dengan pekerjaan, atau sedang merasakan penyakit, ataupun bepergian dengan jarak yang sangat jauh, apabila telah datang waktu shola, maka segeralah laksanakan sholat…! Dan janganlah sekali kali kita meninggalkan sholat, selama hayat masih dikandung badan. Surat al-ma’un ayat 4-7.

فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ ٱلَّذِينَ هُمْ عَن صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ ٱلَّذِينَ هُمْ يُرَآءُونَ وَيَمْنَعُونَ ٱلْمَاعُونَ

(yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya, orang-orang yang berbuat riya, dan enggan (menolong dengan) barang berguna. (QS. Al-ma'un)

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَلذِّكْرْ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ الله الْعَظِيْمَ الْجَلِيْلَ، لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبِ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Khutbah Kedua

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

Demikianlah contoh teks khutbah jumat 2020 yang berhubungan dengan ibadah sholat yang lima waktu, semoga bermanfaat dan semoga kita semua tergolongkan kedalam golongan orang-orang yang senantiasa diberikan kemudahan dan keikhlasan hati dalam melaksanakan sholat lima waktu tersebut. Ditutup dengan doa ROBBANAA AATINAA FI DUNYA HASANAH WA FIL AAKHIROTI HASANAH WA QINAA ADABANNAAR. Wassalaamu alaikum warohmatullohi wa barokaatuh.