Niat Doa Tata Cara Bayar Qadha Mengganti Puasa Ramadhan Digabung Puasa Senin Kamis

Niat Doa Tata Cara Bayar Qadha Mengganti Puasa Ramadhan Digabung Puasa Senin Kamis - Ibadah puasa ramadhan memanglah merupakan salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh setiap insan apabila tidak ada halangan yang menurut syar'i diperbolehkan untuk menundanya seperti sedang menempuh perjalanan jauh, karena sakit, atau alasan yang lainnya, namun kita semua harus tahu bahwa suatu saat nanti ibadah puasa ramadhan yang kita batalkan harus kita bayar atau harus kita ganti pada bulan selain bulan ramadhan.

Puasa adalah merupakan ibadah yang dalam hukumnya pelaksanaannya ada yang wajib dan ada juga yang sunnah, sebagaimana telah kita ketahui bahwa definisi wajib itu adalah apabila kita mengerjakannya maka allah akan membalasnya dengan pahala, dan jika kita meninggalkannya maka kita akan mendapatkan siksaan di akhirat kelak. Oleh sebab itu jika kita merasa manusia yang mempunyai akal yang sehat serta sudah balligh kita harus melaksanakan puasa wajib ini supaya kita mendapat kebahagiaan yang haqiqi yaitu kebahagiaan di akhirat.

Namun kalau untuk puasa yang hukumnya sunnah, meskipun pada saat kita meninggalkannya kita tidak akan mendapat siksaan tetapi akan lebih baik jika kita melakukannya, karena nanti di akhirat kita akan merasa sangat menyesal jika umur yang telah allah swt berikan kepada kita tidak mampu kita gunakan untuk beramal kebaikan sebagaimana yang telah diajarkan oleh allah dan rosulnya. Namun sayangnya dijaman sekarang ini banyak orang-orang yang ogah berpuasa, jangankan ibadah puasa yang hukumnya sunnah ibadah puasa yang hukumnya wajib pun mereka tinggalkan.

Padahal tadi pun sudah saya katakan bahwa barang siapa yang meninggalkan kewajiban suatu saat nanti dia akan mendapatkan atau merasakan siksaan dari allah swt apabila dia mau bertaubat. Lalu bagaimana dengan orang yang meninggalkan puasa wajib karena ada suatu halangan?? bukankah mereka pun juga tidak melaksanakan kewajiban?? nah jika seseorang meninggalkan kewajiban tetapi mempunyai alasan yang diperbolehkan oleh hukum syara, maka dia tidak akan dihukumi orang berdosa asalkan dia membayar atau mengqadha ibadah wajib yang telah dia tinggalkan itu.

Bacaan Niat Qadha Puasa Ramadhan 2019 Digabung Puasa Senin Kamis Dan Doa Berbukanya

Begitu juga jika kita meninggalkan puasa wajib, kita diwajibkan pula untuk mengqadhanya atau membayarnya supaya kita tidak termasuk orang yang mempunyai hutang, karena yang namanya hutang itu harus dibayar dan apabila kita tidak tidak membayar hutang maka kita akan termasuk orang yang merugi. Adapun untuk orang yang hendak membayar puasa atau mengqadha puasa kita harus mengetahui bacaan niatnya terlebih dahulu, karena niat puasa qadha dan puasa pada watunya itu terdapat sedikit perbedaan, dan jika kita salah dalam berniat maka puasa qadhanya pun tidak akan sah.

Dan utuk anda yang hendak melaksanakan puasa qadha, disini saya menuliskan bacaan niatnya secara lengkap arab dan juga latinnya, supaya anda yang hendak membayar puasa yang telah anda tinggalkan tidak ragu-ragu lagi dalam berniat. Dan diantara para ulama ada yang mengatakan bahwa puasa qadha itu bisa dilakukan secara bersamaan dengan melaksanakan puasa sunnah, adapun diantara puasa sunnah yang biasa dilakukan bersamaan dengan puasa qadha itu adalah puasa sunnah senin kamis jadi kita itu akan mendapatkan pahala dari puasa sunnah sekaligus membayar kewajiban yang kita tinggalkan.

Niat Qadha Puasa Ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN 'AN QADAA'IN FARDHO ROMADHOONA LILLAHI TA'ALAA

Artinya: Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta'ala

Doa Buka Puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

ALLAAHUMMA LAKASUMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAA RIZQIKA AFTHORTU BIROHMATIKA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

Artinya: Ya Allah keranaMu aku berpuasa, dengan Mu aku beriman, kepadaMu aku berserah dan dengan rezekiMu aku berbuka (puasa), dengan rahmat MU, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Demikianlah bacaan niat puasa qadha ramadhan yang dapat saya sampaikan meskipun pembahasannya sepintas tapi semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua, dan semoga kita selalu berada di dalam rahmat dan ridho allah swt. Aamiin Yaa Allah Yaa Robbal Aalaamiin.