Tata Cara Niat Bacaan Doa Sholat Sunnah Taubat Nasuha Arab Dan Latin & Waktunya

Tata Cara Niat Bacaan Doa Sholat Sunnah Taubat Nasuha Arab Dan Latin & Waktunya - Semua manusia yang hidup di dunia ini pasti tidak luput dari melakukan kesalahan dan dosa, oleh karenanya jika kita ingin mendapatkan ampunan dari allah swt atas dosa-dosa yang telah kita lakukan, kita harus sering-sering membaca istighfar supaya kita senantiasa tergolongkan orang yang bertaubat. Allah swt itu adalah tuhan yang maha pengasih lagi maha penyayang, maka kita jangan ragu untuk meminta ampunan kepadanya, meskipun dosa yang kita lakukan itu terbilang sangat banyak sekali jumlahnya. Karena allah itu adalah maha pengampun.

Dan jika kita bandingkan banyaknya butiran pasir yang ada di lautan dengan banyaknya ampunan dari allah swt, maka tentu ampunan allah swt lebih banyak dari pada butiran pasir tersebut. Namun meskipun begitu, bukan berarti kita bebas melakukan perbuatan dosa, meskipun allah adalah tuhan yang maha pengampun tapi kita harus tetap berusaha sekuat tenaga untuk bisa menjauhi segala larangannya, dan kita juga harus terus berupaya untuk selalu senantiasa menjalankan segala perintahnya, agar kita tergolongkan kedalam golongan orang yang bertaqwa.

Karna jika kita termasuk kedalam golongan orang yang bertaqwa insya allah kita tidak akan termasuk kedalam golongan orang yang berdosa, karena orang bertaqwa itu tidak akan melakukan perbuatan yang dilarang oleh allah dan rosulnya. Namun meskipun kita terkadang suka hilap dan tetap melakukan perbuatan dosa yang terpenting adalah kita harus selalu bertaubat dan memohon ampunan kepada allah swt, agar semua dosa yang telah kita lakukan di ampuni oleh allah, dan jika dosa telah di ampuni maka dosa itu akan di hapus dari catatan amal buruk kita.

Tata Cara Niat Bacaan Doa Sholat Sunnah Taubat Nasuha Arab Dan Latin & Waktunya

Selain dengan membacakan bacaan istighfar, kita juga dianjurkan untuk senantiasa melaksanakan sholat sunnah taubat. Sholat taubat itu adalah sholat sunnah yang dilakukan dengan tujuan ingin mendapatkan ampunan dari allah swt, ynag mana dalam tata cara pelaksanaannya itu sama saja dengan sholat sunnah pada umumnya, hanya saja bacaan niatnya yang pasti berbeda. Karena yang namanya niat itu pasti berbeda-beda dalam setiap ibadah yang kita lakukan meskipun hukum melaksanakannya terdapat persamaan, misalkan seperti niat sholat tahajud dan niat duha, itu pasti berbeda meskipun hukum keduanya adalah sunnah.

Dan untuk orang yang hendak melakukan sholat sunnah taubat, alangkah penting dan bahkan dikatakan harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana bacaan niatnya, bacaan doanya dan lain sebagainya. Dan yang paling penting itu adalah kita harus mengetahui tentang hal hal yang berhubungan dengan niat, karena niat itu adalah merupakan sala satu kunci dapat di terima atau tidaknya ibadah seorang hamba. Dan di bawah ini adalah merupakan bacaan niat sholat sunnah taubat.

Niat Sholat Taubat

أُصَلِّي سُنَّةَ التَّوْبَةِ ركَعْتَيْنِ للهِ تَعَالَي

USHOLLI SUNNATAT TAUBATI ROK'ATAINI LILLAAHI TA'ALAA

Artinya : Saya niat sholat sunnah taubat dua raka'at karena Allah Ta'ala

Dan akan terasa kurang lengkap jika setelah melaksanakan sholat sunnah taubat kita tidak membaca doa khusus setelah sholat taubat. Oleh karenanya kita harus hafal bacaan doanya terlebih dahulu, supaya nanti pada saat kita telah selesai melaksanakan sholat taubat kita bisa langsung membaca doa sambil menghayatinya.

Bacaan Doa Setelah Sholat Sunnah Taubat

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ

atau

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

atau dengan lafadz Sayyidul Istighfar

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَاإِلٰهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّ مَاصَنَعْتُ أَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لَايَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ

Artinya :Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan."

Demikianlah pembahasan tentang sholat sunnah taubat yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini, semoga kita semua termasuk orang-orang yang mendapatkan ampunan dari allah swt. Dan semoga kita semua senantiasa menjadi hamba yang bertaqwa serta selalu istiqomah dalam dalam beribadah kepada allah swt. Aamiin Yaa Allah Yaa Robbal Aalamin...