Penunjuk Cara Menentukan Arah Kiblat Sholat Kompas Online

Pada saat kita sedang berpetualang atau bepergian kesuatu daerah yang mungkin dirasa asing menurut kita ketika kita hendak melaksanakan sholat terkadang suka merasa kebingungan dalam menentukan arah kiblat, pada kita semua sudah tahu bahwa mengetahui arah kiblat itu sangatlah penting sekali karena sebagaimana yang telah disampaikan oleh banyak ulama bahwa ketika kita hendak melaksanakan sholat kita diharuskan untuk menghadap ke arah kiblat, karena kiblat itu adalah suatu arah yang dituju oleh seluruh umat islam ketika melaksanakan sholat.

Menghadap kiblat menjadi syarat mutlak bagi orang-orang yang melaksanakan sholat ataupun orang yang hendak menyembelih hewan dimanapun dan kapanpun, selain itu kita juga sangat penting sekali untuk mengetahui arah kiblat pada saat akan menguburkan jenazah karena setiap jenazah umat islam ketika dikuburkan harus menghadap kearah kiblat kecuali apabila dalam keadaan darurat yang memang diperbolehkan menurut aturan agama. Oleh karena itu sangat penting sekali bagi setiap umat islam untuk mengetahui arah kiblat khususnya bagi para tokoh dan pemuka agama.

Melaksanakan sholat harus menghadap kiblat itu sudah sepakat antara imam syafi’I, imam maliki, imam hambali, dan juga imam hanafi dengan demikian maka dapat dikatakan tidak sah sholatnya seseorang apabila tidak menghadap kearah kiblat. Maka oleh sebab itu selain dalam keadaan yang darurat seperti melaksanakan sholat dalam kendaraan, sholat khauf, ataupun pada saat seseorang tersebut sedang berada disuatu daerah yang memang sangat sulit sekali untuk mengetahui arah kiblat. Maka dari itu apabila kita melaksanakan sholat tidak menghadap kiblat dan tidak sedang dalam keadaan darurat maka sholatnya tidak sah.

Arah Kiblat

Jadi dalam ajaran islam itu sangatlah indah sekali setiap hal ada aturannya mulai dari hal terkadang kita anggap hal tak telalu berkaitan dengan ibadah misalnya seperti makan, dalam ajaran agama islam makan pun memiliki aturan yang sangat jelas selain dari pada kita harus memilih makanan yang halalan toyyiban kita juga diharuskan menggunakan tangan sebelah kanan pada saat memasukan makanan kedalam mulut. Padahal kalau kita melihatnya secara sepintas hal itu memanglah bukan hal yang sangat penting karena banyak yang berfikir semuanya akan masuk juga kedalam mulut meskipun menggunakan tangan sebelah kiri.

Namun ternyata hal itu sangatlah banyak manfaatnya sebagaimana rosululloh saw bersabda:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَأْكُلْ بِيَمِينِهِ ، وَإِذَا شَرِبَ فَلْيَشْرَبْ بِيَمِينِهِ , فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَأْكُلُ بِشِمَالِهِ وَيَشْرَبُ بِشِمَالِهِ ” ( أخرجه مسلم)

Jika salah seorang dari kalian makan, hendaknya ia makan dengan tangan kanannya, dan jika minum hendaaknya minum dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya”. (HR. Muslim)

Sebetulnya anda dapat menetukan arah kiblat meskipun tanpa menggunakan kompas, dan salah satu cara yang bisa anda lakukan agar dapat mengetahui arah kiblat yaitu dengan cara memanfaatkan arah perjalanan matahari karena sebagaimana telah kita ketahui bahwa matahari itu berjalan di indonesia menuju arah ka'bah lebih tepatnya menuju sebelah barat indonesia jadi kita tinggal melihat saja kemana arah berjalannya matahari maka itu sama dengan arah kiblat.

Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan bayangan benda yang ada disekitar kita, selain dengan cara itu kita juga bisa mengetahui arah kiblat dengan memahami ilmu falaq dan ini adalah salah satu cara sering dipakai oleh para ulama karena cara ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu waktu tertentu jadi apabila anda memahami tentang ilmu falaq maka anda akan dapat mengetahui arah kiblat.