Doa Niat Zakat Fitrah Mal Untuk Keluarga Dan Diri Sendiri

Zakat adalah merupakan bagian dari rukun islam, dalam urutan rukun islam zakat itu menempati urutan ketiga. Dan diantara salah satu dari sekian banyaknya kewajiban seorang muslim adalah harus membayar zakat, dan diantara bagian-bagian zakat itu ada yang disebut dengan zakat fitrah. Yang dimaksud dengan Zakat fitrah adalah zakat yang dikeluarkan pada waktu yang telah ditentukan yaitu diakhir dari bulan ramadhan. Namun selain zakat fitrah ada juga yang dinamakan dengan zakat mal, yaitu zakat yang wajib dikeluarkan apabila seseorang memiliki harta yang telah sampai pada ukuran batas nisab atau ukuran diwajibkannya berzakat dari harta tersebut.

Umat islam akan dihukumi berdosa apabila mengabaikan kewajiban membayar zakat karena zakat ini termasuk salah satu dari rukun islam. Pengertian dari zakat fitrah itu adalah merupakan suatu kewajiban yang wajib dipenuhi oleh setiap manusia yang beragama islam baik yang sudah dewasa, anak-anak, tua, muda, sehat, sakit, kaya, ataupun sederhana, jika sampai pada malam idul fitri dia masih memiliki umur (hidup) apabila memiliki kelebihan dari kebutuhan poko hidup sehari-hari maka wajib baginya untuk membayar zakat fitrah. Diantara hikmah yang dapat kita petik dari melaksanakan zakat fitrah yaitu membersihkan diri dan mensucikan jiwa dari berbagai dosa yang di khawatirkan mengotori ibadah puasa dibulan ramadhan yang telah kita laksanakan.

Oleh karena itu bagi kita umat islam yang menginginkan kehidupan yang bahagia baik di dunia maupun di akhirat maka kita harus memiliki diri yang bersih dan jiwa yang suci karena sebagai mana yang telah dijelaskan oleh para guru-guru di tempat pengajian bahwa sanya syurga itu adalah merupakan tempat yang suci yang tidak akan menerima orang-orang yang dalam keadaan kotor. Adapun yang dimaksud dengan zakat mal yaitu mengeluarkan harta yang dimiliki seseorang kemudian diberikan kepada orang yang berhak menerimanya yang telah ditentukan ukurannya pada saat harta tersebut telah sampai pada batas nisobnya.

Bacaan Niat Zakat

Pada tahun kedua hijriyah bersamaan dengan ramadhan umat islam yang masih hidup diwajibkan untuk membayar zakat, sebagaimana Allah SWT berfirman:


خُذْ مِنْ أَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيهِمْ بِهَا

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat tersebut engkau membersihkan dan mensucikan mereka” (QS. At-Taubah: 103)

Hukum zakat fitrah itu adalah wajib bagi setiap umat islam oleh karena itu bagi kita yang beragama islam jika memang kita masih diberikan kehidupan oleh allah swt dan mampu untuk membayar zakat maka jangan sekali-kali meninggalkan atau tidak mau membayar zakat karena itu adalah sebuah kewajibah yang harus ditunaikan bahkan seorang bayi yang baru lahirpun harus dizakati oleh orang tuanya atau walinya, dan dibawah ini adalah niat doa zakat fitrah.

Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri

نَوَيْتُ عَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ نَفْسِيْ فَرْضَ للهِ تَعَالَى

Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku fardhu karena Allah.

Niat Zakat Fitrah Untuk Orang Lain

نَوَيْتُ عَنْ اُخْرِجَ زَكَاةَ الْفِطْرِ عَنْ …… فَرْضَ للهِ تَعَالَى

Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk (,,,,. )fardhu karena Allah.

1. Orang Yang Wajib Membayar Zakat

Berikut ini adalah kriteria orang-orang yang diwajibkan untuk membayar zakat fitrah jadi apabila kita termasuk diantara orang-orang tersebut maka kita jangan meninggalkan kewajiban untuk membayar zakat. Karena jika kita sampai berani meninggalkan suatu kewajiban tanpa ada alasan syar'i maka kita akan mendapatkan siksaan dari allah swt baik di dunia maupun di akhirat. Dibawah ini adalah daftar orang-orang yang wajib untuk membayar zakat.

A. Laki-laki
B. Perempuan
C. Orang Dewasa
D. Anak-anak
E. Janin
F. Orang tua
G. Budak
H. Setiap orang yang bukan abid

2. Daftar Orang-orang Yang Berhak Menerima Zakat Fitrah

Masalah zakat dalam islam diatur segalanya, dan salah satu yang ditentukan dalam zakat fitrah adalah orang yang berhak menerima zakat itu sendiri. Jadi tidak sembarangan orang bisa menerima zakat fitrah karena apabila orang tersebut tidak termasuk kedalam golongan mustahik zakat terus dia tetap memaksakan untuk menerima zakat maka dia akan dihukumi sebagai orang yang berdosa. Dan orang-orang yang berhak menerima zakat itu adalah:

A. Fakir
B. Miskin
C. Muallaf
D. Budak
E. Petugas zakat
F. Orang Yang sedang berjuang dijalan alloh
G. Orang yang terlilit hutang
H. Orang yang sedang menempuh perjalanan jauh dan bukan untuk melakukan maksiat.